Welcome to My Blog

TIPS PENGEMBANGAN DIRI

Setiap individu pasti memiliki cita-cita dalam hidupnya. Namun terkadang banyak orang hanya bercita-cita tanpa melakukan usaha yang optimal untuk mewujudkannya. Salah satu usaha yang harus dilakukan oleh setiap individu untuk meraih apa yang cita-citakannya adalah dengan melakukan pengembangan diri.

Pengembangan diri hakikatnya adalah suatu proses yang menuntut kita untuk selalu mengeluarkan potensi terbaik yang ada pada diri kita. Setiap individu adalah unik dan mempunyai ciri khas tersendiri sehingga kita bukan untuk mencoba menjadi seperti orang lain untuk lebih baik, tetapi justru kembali kepada potensi diri kita yang sebenarnya dan mengoptimalkannya.

Ada banyak sumber yang bisa digunakan untuk mempelajari strategi-strategi dalam mengembangkan diri kita. Kita bisa mendapatkannya di dalam beberapa buku, jurnal, atau artikel Psikologi Populer memuat bahasan tentang pengembangan diri. Sumber lain juga bisa diperoleh lewat seminar pengembangan diri, les privat (personal tutoring) atau konsultansi dengan orang yang tepat dalam membahas pengembangan diri. Dari sumber-sumber tersebut tentu saja menawarkan beranekaragam strategi dan implementasi pengembangan diri. Semuanya kembali kepada kita untuk memilih mana yang paling sesuai dengan persoalan yang kita hadapi. Namun secara umum, strategi-strategi dalam mengembangkan diri dapat dibagi menjadi 5 langkah berikut:

1. Miliki Motivasi yang Kuat untuk Berubah
Motivasi berperan sangat penting untuk perubahan. Adanya kesadaran yang kuat bahwa penting bagi kita mengembangkan diri kita akan memberikan membuat hasil yang optimal dalam proses pengembangan diri. Temukan alasan yang kuat untuk kita perlu mengembangkan diri kita

2. Tetapkan Sasaran
Tetapkan sasaran yang ingin kita capai. Ingat sasaran harus spesik, dapat diukur, dapat dicapai, realistis, dan dilakukan dengan jangka waktu tertentu (Metode SMART).

3. Biasakan untuk Melakukan yang Terbaik
Biasakanlah diri kita untuk selalu melakukan, berpikir, dan bereaksi terhadap segala sesuatu pada level terbaik. Dengan demikian, kita akan terbiasa menjadi pribadi yang berkualitas.

4. Mulailah dari Langkah Sederhana
Pengembangan diri sebaiknya dimulai dengan langkah yang sederhana. Oleh karena itu, jangan berpikir terlalu jauh sehingga kita menjadi frustasi dan menolak terjadinya perubahan di dalam diri kita. Mulailah dari hal yang sederhana.

5. Berpikir Positif
Berpikirlah secara positif tentang segala sesuatu yang terjadi, meskipun kita mengalami kegagalan atau persoalan. Karena dari sana kita dapat mengambil hikmah atau pelajaran hidup. Kegagalan adalah proses belajar. Tidak ada kegagalan berarti tidak belajar.

Semoga Bemanfaat!!!

1 komentar:

translate said...

Semoga bertambah sukses dan mempunyai kualitas murid" yang baik. Sukses (",)

Post a Comment

ShareThis